Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta
Posted: 25 Desember 2014
written by: admin

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta menampilkan museum-museum unik yang hanya terdapat di yogyakarta. Museum-museum ini ada yang dibangun pada masa penjajahan belanda dan bahkan ada juga museum yang baru berusia 4 tahun. Museum-museum ini wajib anda kunjungi ketika menikmati wisata di yogyakarta. Berikut museum-museum tersebut.

1. Museum Pusat TNI AU Dirgantara

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta yang pertama adalah museum pusat TNI AU Dirgantara. Museum ini terletak di bagian timur kota Yogyakarta berbatasan langsung dengan pangkalan udara TNI AU adisucipto Yogyakarta. Jika anda menggunakan moda pesawat terbang untuk menuju kota yogyakarta anda cukup menggunakan bus trans jogja dan turun di halte janti. Museum ini bisa dijangkau menggunakan bus trans jogja yang tarifnya cukup murah hanya 4.000 rupiah sekali jalan. Di museum ini tersimpan koleksi pesawat tempur yang pernah digunakan oleh pemerintah indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Jika anda ingin bernostalgia dengan pesawat tempur jaman perang dunia II, museum ini adalah tempat yang tepat. Sebagian pesawat yang ada di museum ini juga pernah diguanakan negara-negara lain saat pernag dunia II terjadi.

2. Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta yang kedua adalah museum pusat TNI AD Dharma Wiratama. Museum ini terletak di pusat kota. Anda bisa menuju tempat ini menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi atau bus pariwisata. Di museum ini tersimpan koleksi barang-barang peninggalan TNI AD yang dulu bernama tentara keamanan rakyat saat mempertahankan kemerdekaan. Bangunan museum ini merupakan bangunan penjajah belanda dan digunakan sebagai kantor pusat beland di yogyakarta. Pada masa pendudukan jepang bangunan museum ini digunakan sebagai pusat pendudukan jepang dan saat pernag kemerdekaan digunakan sebagai markas besar tentara keamanan rakyat. Ada pula barang-barang peninggalan panglima besar jendral sudirman dan kepala staf letnan jendral Urip Sumoharjo. Sampai saat ini masih tersimpan rapi di museum ini. Anda yang rindu dengan sosok panglima besar jendral sudirman bisa mengunjungi museum ini untuk bernostalgia.

3. Museum Sonobudoyo

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta yang ketiga adalah museum sonobudoyo. Museum ini pun terletak di pusat kota yogyakarta. tepatnya di kompleks alun-alun utara kraton yogyakarta. Museum ini terkenal karena banyaknya koleksi yang dimiliki. Bahkan ada yang menyebut museum ini adalah yang terlengkap kedua setelah museum monumen nasional di jakarta. Di museum ini tersimpan koleksi barang peninggalan mulai dari prasejarah, batik, alat dari metal bahkan ada juga barang-barang dari bali. sangat menairk mengunjungi museum ini.

4. Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta yang keempat adalah Museum monumen jogja kembali. Anda mungkin sudah pernah mengunjunginya. Museum ini adalah museum yang cukup terkenal, bukan saja karena diorama yang terdapat di dalamnya tetapi juga bentuknya yang unik menyerupai kerucut. Diorama yang paling terkenal di museum ini adalah diorama yang mengisahkan serangan umum 1 maret 1949. Waktu itu tentara Indonesia berhasil menguasai kota yogyakarta selama 6 jam.

5. Museum Benteng Vredeburg

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta yang kelima adalah museum benteng vredeburg yang terletak di titik 0 kilometer kota yogyakarta. Museum ini mungkin museum yang paling terkenal. Karena selain berisi koleksi barang-barang dan diorama perjuangan kemerdekaan indonesia di museum ini juga sering digunakan untuk berbagai macam pertunjukkan tepatnya di depan museum di monumen serangan umum 1 maret. Pada malam hari di depan museum ini sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas yang ada di yogyakarta.

6. Museum Ullen Sentalu

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta yang keenam adalah museum ullen sentalu. Dilihat namanya agak aneh dan berbau indonesia timur. Ternyata dugaan itu salah, ullen sentalu berasal dari singkatan ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita. DI museum ini tersimpan barang-barang serta foto-foto raja dan permaisuri kerajaan mataram dari dulu sampai sekarang lengkap dengan pakaian sehari-hari. Berbeda dengan museum-museum sebelumnya yang berada di pusat kota, museum ini jauh dari pusat kota tepatnya di pakem sleman yogyakata. Untuk mencapai tempat inipun hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rental.

7. Museum Gunung Merapi

Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta yang terakhir adalah museum gunung merapi yang terletak di lereng gunung merapi yogyakarta. Namun, jangan khawatir museum ini terletak pada kawasan yang aman jika suatu saat gunung merpai meletus. Begitu memasuki museum ini kita langsung disambut replika gunung merapi. Masuk lebih dalam kita akan disuguhi foto-foto saat gunung merapi meletus. Serta kita juga akan disuguhi tentang informasi apa ynag harus dilakuka ketika gunung merapi meletus. Di tempat ini juga terdapat pemutaran film dokumenter yang mengisahkan tentang gunung merapi. Untuk masuk ke museum ini harganya cukup murah hanya 3.000 rupiah.

Demikian tadi ulasan mengenai Museum Yang Wajib Dikunjungi Wisata di Yogyakarta. Sebenarnya masih banyak museum-museum lain yang juga menarik untuk dikunjungi, nantikan pada posting selanjutnya. Semoga bermanfaat.

 

Write a Reply or Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We accept payment online using a credit card