Menikmati Keindahan Gunung Gambar Gunungkidul

Menikmati Keindahan Gunung Gambar Gunungkidul
Posted: 28 Januari 2015
written by: admin

Menikmati Keindahan Gunung Gambar Gunungkidul

Menikmati Keindahan Gunung Gambar Gunungkidul menarik untuk dikunjungi. Gunung Gambar terletak di desa jurangjero kecamatan Ngawen kabupaten Gunungkidul. Gunung gambar terletak sekitar 50 km dari pusat kota yogyakarta. Dengan ketinggian 200 mdpl membuat kita bisa leluasa menikmati pemandangan dari puncak Gunung Gambar. Dinamakan gunung gambar, karena pada abad ke-18 ada seorang pangeran putra menantu dari pangeran mangkubumi, Raden Mas Said menggunakan tempat ini untuk menggambar strategi melawan Belanda di atas sebuah batu. Untuk menuju tempat ini bisa menggunakan rental mobil di yogyakarta yang bisa kita temui dengan mudah. Gunung gambar dikenal sebagai sebuah petilasan atau tempat peninggalan KGPAA Mangkunegara I atau yang lebih dikenal sebagai Pangeran Samber Nyawa atau Raden Mas Said saat melawan penjajah Belanda. Tempat ini dijadikan sebagai markas pertahanan Pangeran Samber Nyawa dalam menyusun strategi melawan Belanda.

Banyak sekali mitos yang berhubungan dengan Menikmati Keindahan Gunung Gambar Gunungkidul. Salah satunya adalah dalang yang ingin memulai karirnya diharuskan untuk menyepi di tempat ini berhari-hari. Jika tidka kuat maka karir sebagai dalangya tidak akan sukses. Namun dibalik mitos tersebut Gunung Gambar menyajikan pemandangan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk Menikmati Keindahan Gunung Gambar Gunungkidul ini kita bisa naik ke puncak menggunakan sepeda motor atau bagi yang menginginkan petualangan bisa menempuhnya dengan jalan kaki. Jangan kaget dengan jalur trek gunung gambar ini. Jalananya cukup terjal. Tidak disarankan menggunakan sepeda motor matic. Sesampainya di puncak kita bisa mendirikan tenda dan trekking di sekitar gunung gambar. Di malam hari kita bisa menikmati kelap-kelip lampu bak bintang di malam hari. Di pagi harinya kita bisa menikmati sunrise yang indah. Apabila cuaca cerah kita bisa menikmait pemandangan Gunung Merapi, Rowo Jombor serta Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri.

Setahun sekali diadakan acara sadranan di desa wonosadi yang menjadi daya tarik Menikmati Keindahan Gunung Gambar Gunungkidul. Seperti dikutip dari website pemerintah gunungkidul, selain sadranan juga diadakan kesenian tradisional khas ngawen yaitu rindhing gumbeng. Rinding merupakan alat musik yang terbuat dari sebilah bambu yang ditiup. Sedangkan gumbeng adalah instrumen musik yang menyerupai gitar perkusi yang terbuat dari bambu dengan senar yang dimainkan dengan cara ditabuh.

Write a Reply or Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We accept payment online using a credit card